Kesehatan Fisik

Takut Vaksin Influenza? Berikut Manfaat dan Efek Sampingnya

Vaksin Influenza adalah vaksin yang bisa mmelindungi kalian dari penyakit flu. Vaksin ini sebaiknya di berikan setiap setahun sekali. Walaupun merupakan penyakin ringan, flu nyatanya juga bisa menimbulkan masalah yang besar untuk beberapa orang loh.

Vaksin influenza penting untuk di berikan karena flu sangat mudah menyebar. Virus ini bisa menyebar lewat percikan air liur atau kontak dengan barang yang sudah terkontaminasi virus. Jika penyakit ini menyerang saluran pernapasan, maka gejala yang muncul bisa berupa batuk kering, demam, sakit kepala,, pilek, nyeri otot, dan lemas.

Manfaat Vaksin Influenza

Gejala batuk sendiri bisa sangat parah serta bertahan sampai dengan 2 minggu, bahkan bisa menyebabkan kematian. Walaupun biasanya hanya menimbulkan gejala ringan, namun flu juga bisa menyebabkan komplikasi yang serius.

Menurut WHO, angka kejadian influenza yang berkomplikasi mencapai 5 juta kasus per tahun serta angka kematian mencapai 650.000 kasus di seluruh dunia. Komplikasi akibat penyakit flu lebih berisiko terjadi pada kelompok berikut:

  • Anak berusia di bawah 5 tahun
  • Orang lanjut usia (lebih dari 65 tahun)
  • Wanita hamil
  • Penderita penyakit tertentu, seperti HIV/AIDS, penyakit jantung, paru kronis, dan asma

Oleh karena itu, WHO, IDAI, dan PAPDI merekomendasikan vaksin influenza untuk diberikan setahun sekali, terutama di masa pandemi COVID-19, kepada daftar kelompok orang yang berisiko di atas. Beberapa komplikasi yang bisa terjadi meliputi pneunomia, gangguan sistem saraf pusat, dan gangguan jantung seperti miokarditis dan serangan jantung. Selain itu, flu juga bisa memperparah kondisi penyakit kronis, seperti asma, diabetes, dan gagal jantung kongestif.

Mengingat flu berpotensi menyebabkan komplikasi yang serius bahkan kematian, lebih baik kita melakukan langkah pencegahan terhadap penyakit ini. Salah satu langkah yang tepat adalah pemberian vaksin influenza. Dengan pemberian vaksin ini, risiko kalian untuk terkena flu akan berkurang atau gejala penyakit flu yang kalian alami cenderung lebih ringan dibandingkan jika tidak mendapatkan vaksin.

Di tengah pandemi COVID-19, pemberian vaksin influenza juga dianggap bisa mengurangi risiko terjadinya gejala infeksi virus Corona yang parah. Tetapi, bukan berarti pemberian vaksin ini dapat mencegah kalian terinfeksi virus Corona ya.

Efek Samping Vaksin Influenza

Reaksi tubuh terhadap vaksinasi influenza sangat beragam. Ada yang tak bereaksi sama sekali, ada juga yang merasakan efek samping. Walau begitu, ada atau tidaknya reaksi bukanlah sebuah penetu efektivitas atau keberhasilan vaksinasi.

Jika terhadi efek samping sesudah pemberian vaksin influenza, biasanya efek itu hanya bersifat ringan dan sementara. Efek samping yang biasanya di temui adalah:

  • Rasa sakit, kemerahan, dan bengkak di area yang disuntik
  • Demam
  • Mual
  • Lelah
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot

Sama dengan vaksin lainnya, risiko alergi berat terhadap vaksin influenza bisa timbul, namun sangat jarang terjadi. Gejalanya sendiri meliputi mata dan bibir bengkak, kemerahan di seluruh tubuh, sesak napas, serta pingsan. Apabila hal demikian terjadi, segeralah ke rumah sakit terdekat untuk meminta pertolongan.

Walau begitu, biasanya vaksinasi influenza terbilang aman untuk banyak orang. Selain itu, vaksinasi ini juga sangat efektif untuk mencegah penularan, serta menekan risiko komplikasi influenza yang berat.

Itulah kenapa, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi influemza setahun sekali ya, karena, vaksinasi ini bukan Cuma untuk melindungi diri sendiri saha dari infeksi influenza. Melainkan melindungi orang sekitar termasuk kelompok rentan. Semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...